Gorontalo – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Gorontalo turut mendukung penuh pelaksanaan Survei Indeks Kepuasan Layanan Kesekretariatan (ILK) Semester II Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Badan Strategi Kebijakan (BSK) Kemenkum RI. Senin, (27/10).
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Kemenkum untuk melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas layanan internal di seluruh unit kerja, termasuk Kantor Wilayah di seluruh Indonesia.
Survei ILK Semester II Tahun 2025 secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Strategi Kebijakan Tata Kelola Hukum, Veiby Sinta Koloay, melalui kegiatan sosialisasi daring yang digelar pada Senin, 27 Oktober 2025. Dalam arahannya, Kapus menekankan pentingnya partisipasi aktif seluruh ASN dalam memberikan umpan balik yang objektif guna mewujudkan tata kelola organisasi yang efektif, efisien, dan berorientasi pelayanan.
Dari Gorontalo, kegiatan ini diikuti oleh jajaran pegawai Kanwil Kemenkum Gorontalo yang dipimpin oleh Koordinator BSK, Muhamad Djaelani, serta perwakilan dari masing-masing divisi. Kehadiran mereka mewakili Kepala Kantor Wilayah yang tengah menjalankan tugas kedinasan di tempat lain.
Materi sosialisasi memaparkan bahwa pelaksanaan Survei Kepuasan Layanan Kesekretariatan (SKLK) sejalan dengan Sasaran Strategis Kementerian Hukum dalam upaya meningkatkan kualitas implementasi Reformasi Birokrasi, dengan target Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) tahun 2025 sebesar 3,1 (kategori Baik).
Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias, terutama dalam memahami tata cara pengisian survei yang akan berlangsung mulai 27 Oktober hingga 7 November 2025.
Melalui pelaksanaan survei ini, diharapkan akan terwujud peningkatan mutu layanan kesekretariatan di lingkungan Kemenkum, termasuk di wilayah Gorontalo, sehingga seluruh proses administrasi dan dukungan manajerial dapat berjalan semakin optimal.
Kantor Wilayah Kementerian Hukum Gorontalo berharap pelaksanaan Survei Indeks Kepuasan Layanan Kesekretariatan Semester II Tahun 2025 dapat berjalan lancar dan diikuti secara aktif oleh seluruh pegawai. Melalui survei ini, Kanwil Kemenkum Gorontalo berkomitmen mendukung terwujudnya tata kelola layanan yang semakin baik, transparan, dan berintegritas di lingkungan Kementerian Hukum.
Dengan semangat kolaboratif dan komitmen bersama, Kemenkum Gorontalo bertekad terus mendukung agenda reformasi birokrasi menuju pelayanan publik yang unggul dan terpercaya.


